Selasa, 11 Desember 2012

Militer Iran sita pesawat tak berawak AS





TEHERAN - Militer Iran mengatakan telah menyita sebuah pesawat tak berawak Amerika Serikat di kawasan udara negara itu di atas perairan Teluk.

Pasukan Pengawal Revolusi Iran mengatakan mereka berhasil menjatuhkan pesawat ScanEagle, pesawat tak berawak dari jenis yang lebih kecil dari biasa yang digunakan AS.

Laksamana Pertama Ali Fadavi menagatakan kepada kantor berita Farsi bahwa pesawat tak berawak itu melakukan sejumlah pengintaian dalam beberapa hari belakangan di kawasan Teluk.

Dia menambahkan bahwa pesawat tak berawak seperti itu biasanya diterbangkan dari kapal perang yang besar.

Tidak ada rincian kapan kapal tesebut dijatuhkan dan kantor berita Farsi hanya mengatakan dalam beberapa hari belakangan.

Bulan lalu Amerika Serikat mengatakan pesawat tempur Iran  menembak jatuh pesawat tak berawaknya yang terbang di kawasan udara internasional. Iran mengatakan pesawat itu memasuki ruang udara mereka.

Bagaimanapun dalam insiden terbaru ini, Angkatan Laut Amerika Serikat menegaskan tidak ada pesawat berawaknya yang hilang di Timur Tengah.

Juru bicara Pusat Komando Angkatan Laut Amerika Serikat di Bahrain, Komodor Jason Salata, juga menyatakan mereka bisa mempertangunggjawabkan semua operasi pesawat tak berawak di kawasan itu.

"Semua operasi kami di Teluk terbatas pada perairan dan ruang udara internasional."

ScanEagle yang memiliki jangkauan sayap sepanjang tiga meter merupakan pesawat tak berawak dengan biaya operasi yang rendah namun memiliki jangkauan terbang panjang.

Pesawat tersebut diproduksi oleh Insitu, anak perusahaan Boeing.

Washington dan Teheran terlibat dalam sengketa diplomatik sehubungan dengan program nuklir Iran, yang menurut Amerika Serikat dan negara-negara Barat lain ditujukan untuk pengembangan senjata nuklir.

Iran sudah beberapa kali membantah tegas tuduhan itu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar